Peresmian Kegiatan Pendidikan Budaya dan Politik

 



Bangkinang Kota , LM

Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM yang diwakili oleh Sekda Kampar Drs. H. Yusri, M.Si membuka secara resmi kegiatan Pendidikan Budaya dan Politik Bagi Partai Politik dan Masyarakat di Kabupaten Kampar, yang diselenggarakan di Hotel Altha Bangkinang Kota, Selasa (7/3/2023). 


Kegiatan ini yang di inisiasi oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Riau bekerjasama dengan Badan Kesbangpol Kabupaten Kampar dan dihadiri KPU, Bawaslu, partai Politik dan pemangku kepentingan serta peserta pendidikan politik lebih kurang 50 orang yang terdiri dari pemilih pemula, pemilih perempuan dan masyarakat umum. 

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang gelar oleh Badan Kesbangpol dalam menyambut pemilihan umum. Bangsa indonesia diharapkan mampu untuk mengembangkan potensi diri agar menjadi generasi yang berkualitas dalam memiliki idealisme. 


Dalam sambutannya, Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM yang diwakiki oleh Sekda Kampar Drs H. Yusri, M.Si mengatakan bahwa Pendidikan Politik merupakan proses pembelajaran dan pemahaman tentang hak kewajiban dan tanggung jawab setiap warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta membentuk tatanan dan tuntututan berpolitik yang akan diterapkan nantinya. 

Sekda juga mengatakan, sedangkan Budaya Politik Merupakan Pola perilaku suatu masyarakat dalam kehidupan bernegara, sebagai bentuk Partisipan yaitu budaya politik yang ditandai dengan kesadaean politik yang sangat tinggi, dan memberikan opini aktif dalam kegiatan politik sehingga jumlah partisipasi pemilih akan tinggi. 

“tercapainya demokrasi yang baik, membutuhkan partisipasi politik yang otonom dari setiap Warga Negara Indonesia, Hal itu bisa terwujud jika warga negara memiliki kecakapan wawasan serta pengetahuan yang baik tentang politik dan berdemokrasi.”ungkapnya.” 

Sekda kampar juga sebagai Datuk Bandaro Mudo itu mengatakan dengan adanya Pendidikan Politik disetiap individu tidak hanya sekedar tahu tetapi dapat menjadikan seseorang memiliki kesadaran politik, sehingga mampu mengemban tanggung jawab yang ditunjukkan perubahan sikap serta peningkatan partisipasi dalam dunia politik, agar menjadi insan politik terpuji dan memiliki wawasan kritis mengenai relasi-relasi politik yang ada disekitarnya. 


“Untuk itu saya mengajak semua peserta untuk mengikuti dan berkontribusi dalam kegiatan ini, guna mendorong peningkatan pemahaman politik dan demokrasi masyarakat, khususnya terkait etika dan budaya politik, serta keterlibatan kaum perempuan, sehingga Pemilu dan Pilkada tahun 2024 dapat berlangsung stabil dan aman, sekaligus terciptanya situasi kondusif di tengah masyarakat.”tutupnya.” 

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Kampar Drs. Mahadi, MH menyampikan Apresiasi kepada Kesbangpol Provinsi Riau yang telah berkolaborasi dengan oemkab Kampar dalam melaksanakan kegiatan Pendidikan Budaya dan Politik Bagi Parpol dan Masyarakat di Kabupaten Kampar

Ia mengatakan, Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan lainnya di Kabupaten Kampar untuk menggunakan hak dan kewajibannya 8 dalam keikutsertaan pada Pemilu tahun 2024 mendatang. 



“Untuk itu diperlukan sinergitas dan kerjasama yang baik dari semua stakeholder termasuk masyarakat, guna menyukseskan pelaksanaan pesta demokrasi ditahun 2024 nanti.”tutupnya.”
(DiskominfoKampar/IsN).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama