Sebelum Pencacahan Pertanian, BPS Kampar adakan Pelatihan dan sosialisasi

 



Pekanbaru , LM



Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kampar menyelenggarakan pelatihan petugas pencacahan lengkap kegiatan Sensus Pertanian (ST) 2023, Jumat (26/5). 


Pelatihan gelombang 1 ini dilaksanakan di hotel Furaya pekanbaru dari 24 s/d 27 mei 2023, yang dibuka langsung oleh Kapala BPS Provinsi Riua Drs, Misfaruddin, M. Si dan Kepala BPS Kampar Guswandi S. ST, serta di ikuti oleh satuan kerja OPD di lingkungan pemkab kampar serta tim petugas dan penyuluh dari kecamatan, Lurah, RT di Wilayah Kabupaten Kampar. 


Sebelum ke lapangan, seluruh petugas memperoleh pelatihan selama empat hari efektif untuk menyamakan konsep dan definisi serta organisasi lapangan.



Kepala BPS Kabupaten Kampar Guswandi menyampaikan Sensus pertanian merupakan kegiatan rutin 10 tahun sekali, terdapat 18 negara yang melaksanakan sensus pertanian 2023,hal ini perlu di perhatikan untuk mensukseskan kegiatan ini. 


Kita siap berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menghasilkan kemanfaatan data dan keakuratan data dalam mendukung ketahanan pangan dan pertanian, karna itu menjadi tolak ukur statistik pertanian sebagai dasar perencanaan pembangunan daerah pertanian.". Tambah Guswandi. 


Guswandi juga mengatakan Pelatihan bertujuan agar para petugas mampu menghasilkan data statistik dengan lengkap sebagai yang dapat digunakan sebagai acuan bagi pemerintah maupun stakeholder dalam merencanakan dan merumuskan kebijakan-kebijakan baik untuk kepentingan intern maupun untuk pembangunan nasional.


Sementara itu Kapala Dinas Kominfo dan Persandian Kampar yang di wakili Pejabat Funsional Statistik Diskominfo Kampar Nurmalasari mengatakan bahwa Diskominfo dan Persandian Kampar  dalam hal ini siap mendukung dan mempublikasikan kegiatan BPS Kampar, pelatihan dan sosialisasi ini juga mengikutkan beberapa satker OPD,kecamatan dalam rakor kolaborasi sukseskan ST pertanian 2023.(com)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama