Tumpukan Kayu Penuhi Sungai Gulamo Kampar Riau, Membuat Para Wisatawan Berkunjung Tak Nyaman

Tangkapan layar : Tampak Kayu ilegal logging penuhi Sungai Gulamo Kampar Riau


Kampar, Lintasmelayu.com - Sebuah video yang beredar memperlihatkan kawasan wisata Sungai Gulamo dipenuhi tumpukan kayu ilegal logging viral di media sosial, Senin (12/6/2023).


Sungai Gulamo yang terletak di Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Riau merupakan salah satu kawasan wisata.


Namun, pemandangan indah sungai tersebut dirusak dengan tumpukan kayu hutan yang telah ditebang pelaku tak bertanggung jawab. Kayu-kayu tersebut diduga dibawa oleh pelaku melalui jalur sungai.


Dalam video berdurasi 1 menit 27 detik itu, tampak pengunjung merekam video tumpukan kayu yang mengambang di sungai Gulamo tersebut.


"Ini bahaya ini. Tempat kita berenang sudah ditutup kayu. Tolong diperhatikan Dinas Kehutanan, Pak Kapolsek, Pak Kapolda," kata beberapa pria dalam video yang beredar di sosial media. Pengunjung yang datang ke lokasi juga merasa kecewa melihat kawasan sungai dipenuhi potongan kayu ilegal logging.


"Kami baru pertama kali ke sini mau berenang rupanya terganggu sama kayu-kayu ini. Kalau bisa tempat wisata harus steril dari perbuatan (ilegal logging) seperti ini," kata seorang pengunjung.


Usai video itu viral, tim Polres Kampar langsung turun tangan ke lokasi.


"Kita sudah mengerahkan anggota ke lokasi terkait kejadian ini. Anggota Satreskrim juga turun untuk melakukan penyelidikan," kata Kapolres Kampar, AKBP Didik Priyo Sambodo kepada wartawan yang sedang bertugas melalui sambungan telepon, Senin (12/06).


Didik mengaku, pihaknya sedang menyelidiki siapa pelaku yang merambah kayu hutan tersebut. Pihaknya juga mengamankan kayu-kayu tersebut sebagai barang bukti.(K.com/red)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama