Bersama BNN, Pemko Pekanbaru Konsolidasi Tanggap Ancaman Narkoba

 


PEKANBARU , LM




Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melakukan konsolidasi kebijakan Kota Tanggap Ancaman Narkoba (KOTAN), yang diinisiasi BNN Kota Pekanbaru, di Grand Jatra Hotel Pekanbaru, Selasa (29/8). 



Kepala BNN Kota Pekanbaru yang diwakili oleh Kasubag Umum, Wan Suparman menyampaikan perlu adanya kebijakan yang responsif, komprehensif, dan integratif agar pemerintah tanggap terhadap ancaman narkoba. 



"Untuk mewujudkan KOTAN, peran pemerintah sangat diharapkan. Terutama di lingkungan kerja masing-masing. Mulai dari pembuatan komitmen bersama, rencana aksi, regulasi, dan implementasi di lapangan," ujarnya.


Sebagai informasi, Pemko Pekanbaru telah menerbitkan Perda Kota Pekanbaru Nomor 10 Tahun 2021 tentang Fasilitasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dan SK Walikota Pekanbaru Nomor 117 Tahun 2021 tentang Pembentukan Tim Terpadu P4GN. 



Kepala Badan Kesbangpol Syoffaizal menyebutkan bahwa dalam SK Tim tersebut, Kesbangpol ditetapkan sebagai ketua pelaksana harian. Ia mengatakan melalui regulasi-regulasi yang diterbitkan diharapakan menjadi semangat Pemko Pekanbaru dalam melakukan upaya P4GN. 





"Ini adalah bentuk komitmen untuk menyukseskan P4GN agar Pekanbaru sebagai KOTAN dapat terwujud dan kita juga sudah membentuk kelurahan bersih narkoba (Bersinar). Sudah ada 7 kelurahan Bersinar sampai tahun ini dan perlu kita akselerasi agar seluruh kelurahan menjadi Bersinar," terangnya. 



Syoffaizal berharap BUMN/BUMD turut serta berkontribusi mensukseskan KOTAN. "Kita juga berharap rekan-rekan dari dunia usaha menggunakan dana CSR nya minimal dalam lingkungan perusahaan, untuk mewujudkan dan menyatakan lingkungan kerja kita bebas dari narkoba," ungkapnya.



Sementara itu, Kadis Kominfotiksan melalui stafnya Adil Trisema mengatakan Diskominfotiksan Kota Pekanbaru dapat berperan strategis dalam upaya pencegahan dan pemberantasan.



"Sesuai dengan tugas dan fungsi Diskominfotiksan, kita dapat bersinergi dgn BNN Kota Pekanbaru dalam publikasi yang sifatnya mengedukasi masyarakat. Selain itu, kami juga sangat ingin bersinergi melalui fasilitasi zoom yg dapat memaksimalkan sosialisasi oleh BNN. Ada juga SP4N-LAPOR! yang bisa diintegrasikan dengan BNN," paparnya.


Dalam pertemuan itu pula, dilaksanakan penandatanganan piagam perencanaan pembangunan zona integritas oleh para stakeholder kelembagaan KOTAN Pekanbaru. (Kom)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama