Jalan Riau - Sumbar Lewat Pangkalan DITUTUP Total Hari Ini, Silahkan Lewat Jalur Alternatif

 




Pekanbaru - Lintas melayu
Hari ini jalan Riau Sumbar melalui Pangkalan akan ditutup total, Kamis (28/12/2023).

Penutupan jalan Riau Sumbar melewati Pangkalan ini dilakukan mulai pukul 08.00 - 17.00 WIB.


Informasi penutupan jalan Riau Sumbar tersebut diumumkan langsung oleh Polres 50 Kota yang videonya telah banyak beredar di media sosial


Berikut isi pengumuman penutupan jalan Riau Sumbar Kamis 28 Desember 2023:


"Kami informasikan berdasarkan hasil koordinasi, Polres 50 Kota bersama Forkopimda dan Balai Jalan Sumatera Barat menyampaikan bahwa pada hari kamis 28 Desember 2023, untuk ruas jalan nasional Sumatera Barat menuju Riau dan sebaliknya akan dilaksanakan PENUTUPAN, karena pada ruas jalan yang masih longsor dan terban atau amblas akan dilakukan perbaikan jalan".


Polres 50 Kota mengimbau pengguna jalan untuk menggunakan jalur alternatif Riau Sumbar , baik dari Pekanbaru ke Sumbar maupun sebaliknya.

Untuk jalur alternatif Riau Sumbar bisa melalui daerah dengan urutan Lintau-Sinunjung-Kiliranjao-Lubuk Jambi-Teluk Kuantan-Pekanbaru, begitupun sebaliknya.


Menurut Kapolres Lima Puluh Kota, AKBP Ricardo Condrat Yusuf, penutupan jalan Riau Sumbar akan dimulai dari Tugu Adipura Kota Payakumbuh.


"Nantinya pengendara akan diarahkan ke Lintau menuju Sijunjung, setelah itu ke Kiliran Jao dan keluar di Simpang Taluak Kuantan," katanya saat dikonfirmasi, Rabu (27/12/2023) malam.

"Sementara itu, dari arah Riau akan dilakukan di Kelok 9, Sarilamak di Simpang Pemda, Pangkalan di Simpang 3 Tugu MTQ," sambungnya.


Selain itu, Polres Lima Puluh Kota juga sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian di Kampar, Riau untuk mengarahkan pengendara agar putar balik melalui jalur alternatif atau menunggu di rest area selama akses ditutup dan normal kembali.


Kondisi arus lalu lintas di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Sumatera Barat-Riau di Lima Puluh Kota belum bisa dilewati secara normal, Rabu (27/12/2023). 


Kalaksa BPBD Lima Puluh Kota, Rahmadinol mengatakan tadi malam sempat kembali terjadi longsor dan menutup arus lalu lintas.


Namun, ia mengatakan saat ini jalan sudah bisa dilewati dengan sistem buka tutup.


"Tadi malam sempat longsor dan tertutup kembali, tapi tadi pagi sudah bisa dilewati dengan sistem buka tutup hingga saat ini," jelasnya. 


Rahmadinol menyebutkan hingga saat ini tim masih berada dilapangan untuk membersihkan material longsor yang menghambat.

Kita juga dibantu oleh tim dari Balai Jalan Nasional Sumatera untuk melakukan pembersihan," katanya.


Rahmadinol menyarankan agar para pengendara mencari jalur alternatif lain karena potensi longsor di jalan lintas Sumbar-Riau masih tinggi. 


"Kita mengimbau para pengendara agar mencari jalan alternatif lain seperti melewati Kiliran Jao, karena potensi longsor masih tinggi," pungkasnya(tp)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama