Cegah Penularan PMK, Koramil 0321-05/RM Kembali Lakukan Pengecekan

 




BANGKO PUSAKO - LINTAS MELAYU
Anggota Koramil 0321-05/RM, Sertu Irwanto melaksanakan Kegiatan Pendataan dan pengecekan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak Lembu di Kepenghuluan Bangko Bakti,  Kecamatan Bangko Pusako, Kabupaten Rohil, Sabtu (20/1/2024). Adapun pengecekan dan pendataan pemilik hewan ternak Lembu milik Sunarto, warga Kepenghuluan Bangko Bakti, Kecamatan Bangko Pusako.


Dari hasil pengecekan, dan pendataan secara langsung oleh Sertu Irwanto untuk hewan ternak lembu sebanyak 10 ekor semuanya dalam kondisi sehat.


"Dari pengecekan 10 lembu milik pak sunarto hasil baik. Tidak ada ditemukan tanda tanda gejala PMK," kata Danramil 05/RM, Kapten Arh Iswandi Sikumbang melalui Sertu Irwanto kepda Haluanriau.co usai kegiatan, Sabtu (20/1/2024).


Penyakit mulut dan kuku disingkat PMK kata Sertu Irwanto, merupakan penyakit hewan menular yang menyerang hewan berkuku belah baik hewan ternak seperti sapi, kerbau, domba, kambing, dan jenis hewan berkuku lainnya.



Selain itu Penyakit PMK menunjukkan gejala demam tinggi selama beberapa hari, tidak mau makan dan terjadi luka/lepuh pada daerah mulut (termasuk lidah, gusi, pipi bagian dalam dan bibir) dan keempat kakinya (pada tumit, celah kuku dan batas kuku dengan kulit). Luka/lepuh juga bisa terjadi pada liang hidung.


"Dihimbau kepada peternak hewan agar tetap menjaga kebersihan hewan ternak serta kebersihan kandang, hal ini sebagai salah satu upaya pencegahan agar terhindar dari PMK. Sampai sekarang belum ada ditemukan PMK pada hewan ternak di Kepenghuluan Bangko Bakti, Kecamatan Bangko Pusako," pungkas Sertu Irwanto(mcr)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama