Polisi Harus Netral, Bidpropam Polda Riau Periksa Seluruh Gawai Anggota

 



PEKANBARU, lintasmelayu.com – Kepolisian berkomitmen untuk menjaga netralitas jajarannya untuk netral dalam pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2024. Dan untuk memastikan netralitas tersebut, Bid Propam Polda Riau melakukan pemeriksaan perangkat gawai para polisi yang sudah ditugaskan menjaga tempat pemungutan suara (TPS).


Untuk memastikan netralitas tersebut, Rabu (7/2/2024), Bid Propam Polda Riau melakukan pemeriksaan seluruh perangkat gawai atau handphone yang digunakan anggota kepolisian penjaga TPS.


Pemeriksaan langsung dipimpin Kabidpropam Polda Riau, Kombes Edwin Louis Sengka. Pemeriksaan dilaksanakan secara mendadak sehingga para anggota tidak sempat menghapus informasi yang ada di handphone.


Sidak itu dilakukan Kombes Edwin sebelum melepas keberangkatan personel PAM TPS pada Rabu (7/2/2024) pagi dimana usai apel pelepasan PAM TPS, Kombes Edwin langsung memanggil timnya untuk mengumpulkan ponsel milik seluruh personel.


Kemudian, satu per satu ponsel diperiksa apakah ada aktivitas penggunaan media sosial atau lainnya yang menunjukkan ketidaknetralan personel. Bahkan, pemeriksaan ponsel tidak tidak hanya dilakukan terhadap Bintara dan PNS Polri saja, ponsel para perwira dan Pejabat Utama (PJU) yang akan berangkat Pamatwil juga diperiksa.


Kabidpropam Kombes Edwin Louis Sengka mengatakan hari ini ada sebanyak 943 personel PAM TPS yang diperiksa ponselnya. Ke depan setelah para BKO Polda Riau ini menjalankan tugas di wilayah, pemeriksaan akan dilaksanakan pimpinan yang didampingi Seksi Profesi dan Pengamanan (Si Propam) Polres tempatnya bertugas.


"Ini juga sesuai arahan bapak Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal untuk terus mengawasi anggota masing-masing tentang netralitas. Kami tidak mau kecolongan. Polri harus netral,” tegas Kombes Edwin.


Sumber: Media Center Riau

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama