Momen Pilot Smart Air Ditemukan Tim SAR Setelah Bertahan Hidup Selama 3 Hari

 



PEKANBARU - LINTAS MELAYU
Pilot Pesawat Pilatus Smart Air Aviation tipe PC6 PK-SNE berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan saat jatuh di Binuang, Nunukan, Kalimantan Utara pada Jumat (8/3/2024) siang.


Pesawat dari Bandara Tarakan yang semula bertujuan Krayan, Nunukan jatuh di hutan serta sembako 583 kilogram yang dibawa tidak sampai tujuan.


Muhammad Yusuf Yusandikan Katohe (29), warga Bekasi, Jawa Barat menjadi pilot pesawat nahas itu, dengan ditemani seorang teknisi bernama Deni Sobali asal Pangandaran, Jawa Barat.

Pilot pesawat Pilatus Smart Air ditemukan selamat usai pesawat yang dibawanya jatuh, pada awal nya keberadaan pilot terdeteksi karena lambaian tangan yang dilihat oleh tim SAR saat melakukan patroli udara.



"Ada lambaian tangan dari bawah, itu pada pukul 12.43 Wita," kata Kapolsek Krayan Selatan Ipda Andi Iwan saat dihubungi detikcom, Minggu (10/3/2024).

Pada saat ditemukan Capt. M Yusuf menangis haru dan diketahui sebelum ditemukan ia sudah bertahan hidup dekat puing-puing pesawat selama 3 hari terakhir.


Sedangkan teknisi pesawat Smart Air Deni Sobali ditemukan meninggal dunia usai dievakuasi oleh tim SAR.


Dalam video yang beredar terlihat tim SAR melakukan evakuasi menggunakan helikopter, yang tidak jauh berada di ketinggian mengevakuasi Yusuf terlebih dahulu, kemudian baru menarik jasad Deni S yang sudah berada dalam kantong jenazah oranye dan ditarik menggunakan tali ke atas helikopter.(hr)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama