Hewan Kurban Masuk Pekanbaru Wajib Diperiksa

 





PEKANBARU - LINTAS MELAYU
Jelang Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah, sapi kurban yang masuk ke Kota Pekanbaru wajib menjalani pemeriksaan kesehatan.



Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru, tengah mempersiapkan tim untuk melakukan hal tersebut.


Nantinya, tim dari Distankan Pekanbaru, akan memeriksa administrasi hingga kesehatan hewan kurban yang datang dari daerah lain untuk memastikan hewan itu layak dikonsumsi.


"Tim sudah melakukan persiapan untuk pengecekan hewan kurban," kata Kepala Distankan Kota Pekanbaru, Muhammad Firdaus, Selasa (7/5).



Pemeriksaan hewan kurban menyasar hingga ke kandang dan tempat penjualan untuk memastikan hewan kurban bebas penyakit.


Setiap hewan kurban yang masuk Kota Pekanbaru wajib memiliki dokumen kesehatan untuk mencegah penularan penyakit terhadap hewan kurban jelang Iduladha tahun ini.


"Ada tim bakal memeriksa administrasi atau dokumen pengangkutan hewan kurban. Baik izin keluar dari daerah asal maupun izin masuk ke Pekanbaru," jelasnya.


Firdaus menjelaskan, pemeriksaan itu juga untuk memastikan, hewan kurban sudah mendapat vaksinasi. Pihaknya tidak cuma memeriksa secara administrasi hewan kurban tapi juga dari segi klinis.


Dinas sudah menggelar rapat internal untuk memeriksa lokasi penampungan hewan kurban. Pengawasan juga akan dilakukan ke masjid dan musola yang menyelenggarakan kurban.


"Jumlah kebutuhan hewan kurban di Pekanbaru tahun ini diperkirakan sama dengan tahun lalu, atau sekitar 10 ribu ekor berupa sapi dan kambing," tandasnya.(hr)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama