Hari Ini Terpantau 12 Titik Panas di Riau Mulai Menurun

 





PEKANBARULINTAS MELAYU
Jumlah hotspot di wilayah Riau dan Sumatera mengalami penurunan sejak terjadinya hujan pada akhir Juli 2024 lalu.


Data terbaru dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru Jumat (2/8/2024) pagi ini mencatat total 88 titik hotspot di Sumatera.


Ada pun rincian jumlah titik panas di beberapa wilayah antara lain, Jambi 26 titik, Lampung 13 titik, Sumatera Selatan 27 titik, Kepulauan Riau 2 titik, Bangka Belitung 8 titik, dan Riau 12 titik.


Sedangkan di Riau sendiri, Kabupaten Bengkalis memiliki 5 titik, Rokan Hilir 2 titik, Siak 2 titik, dan Indragiri Hilir 3 titik.


Forecaster On Duty BMKG Stasiun Pekanbaru, Elisa Josepha menyampaikan bahwa potensi hujan diperkirakan terjadi di beberapa wilayah.


Pada siang hingga sore hari, cuaca diperkirakan cerah berawan hingga berawan dengan hujan ringan hingga sedang di beberapa area seperti Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis, Indragiri Hulu, Pelalawan, dan Kota Dumai.

 


Malam hari juga diprediksi cerah berawan hingga berawan, dengan kemungkinan hujan di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Siak, Kampar, dan Kota Pekanbaru.



Pada dini hari, kondisi cuaca diperkirakan berkabut hingga berawan. Masyarakat diimbau untuk waspada terhadap potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang, terutama di wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis, dan Kota Dumai.



Penurunan jumlah hotspot ini diharapkan dapat mengurangi risiko terjadinya kabut asap, yang beberapa waktu belakangan sudah membuat udara di sejumlah wilayah di Riau kian memburuk.(tp)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama