Mahasiswa Universitas Riau Sukses Melaksanakan KKN Sosialisasi Kemampuan Literasi Al-Quran.



Pekanbaru,lintasmelayu.com - Di era globalisasi yang semakin meningkat saat ini, menimbulkan banyak dampak yang terjadi di kehidupan masyarakat. Seiring juga berkembangnya globalisasi ini, tentu dampak negatif yang ditimbulkan membuat masyarakat resah. 


Era yang serba digital membuat anak-anak menjadi terbiasa dengan ponsel pintar yang sering disebut handphone. Semakin banyak waktu yang anak habiskan untuk menggunakan handphone, maka semakin banyak dampak yang akan terjadi kepada anak tersebut. 


Dampak dari penggunaan handphone ini dirasakan oleh masyarakat Kelurahan Sungai Empat yang merasa bahwa tingkat literasi membaca Al-Quran yang dimiliki oleh anak-anak Kelurahan Sungai Empat semakin rendah. Ditandai juga banyaknya anak-anak yang sukar untuk membaca Al-Quran. Dimana membaca Al-Quran adalah amal ibadah yang dilakukan oleh umat Islam.


"Di tengah pengabdian pada masyarakat dalam halnya Kuliah Kerja Nyata (KKN), Mahasiswa dari Universitas Riau, yang berlokasi di Kelurahan Sungai Empat, Kabupaten Indragiri Hilir, telah berhasil melaksanakan sosialisasi terhadap kemampuan literasi Al-Qur`an pada anak anak sekolah dasar," kata Muhammad Alfatah Putra Wiguna.


Ketua dari Kelompok KKN Universitas Riau yang terdiri dari 8 anggota, mengatakan hal ini pihaknya telah ada berkerja keras dalam  menghadirkan sosialisasi halnya terhadap kemampuan literasi Al-Qur`an di Kelurahan Sungai Empat. Tentunya dengan mewujud lokakarya ini dengan kelompok.


Katanya, pada tanggal 21 Agustus 2024, mahasiswa KKN Universitas Riau yang bekerjasama dengan pihak kelurahan berhasil memujudkan sosialisasi dengan menawarkan berbagai solusi yang diharapkan dapat mampu meningkatkan kemampuan literasi Al-Quran. 


"Solusi yang ditawarkan antara lain ; memberikan sebuah penghargaan untuk anak-anak yang sudah khatam Al-Quran dengan harapan dapat membangkitkan semangat anak-anak lainnya untuk khatam Al-Quran dan memperlajari Al-Quran," kata 

Alfatah Putra Wiguna.


Solusi serta program yang ditawarkan oleh mahasiswa KKN Universitas Riau terhadap kemampuan literasi Al-Quran ini mendapat respon yang baik dari pihaknya Kelurahan Sungai Empat serta masyarakat didaerah setempat. Semoga program ditawarkan ini dapat terlaksana dengan baik dan bahkan meningkatkan kemampuan tiap anak-anak Kelurahan Sungai Empat.


Untuk diketahui. Bahwasa kelompok KKN Universitas Riau yang terdiri dari 8 anggota, diketuai Muhammad Alfatah Putra Wiguna.


Dengan beranggotakan kelompok yaitu Ari Ardiyansyah, Egia Febriani, Ira Yustika, Ira Mawaddah, Nisywatul Inayah, Azahrah Aprila Alataf, Almustika Wati. Hal itu juga  bersama bimbingan Ibu Prof. Dr. Neni Hermita, M.Pd dari Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan. (Dairul)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama