PIN Polio Putaran Diperpanjang, 76 Ribu Anak Telah di Vaksin




PEKANBARU - LINTAS MELAYU

Putaran kedua PIN Polio dijadwalkan berlangsung dari 6 hingga 12 Agustus 2024. Dinkes Pekanbaru memperpanjang masa putaran pertama hingga 11 Agustus mendatang sampai tercapainya 95 persen capaian vaksin.

Capaian vaksin polio saat ini mencapai 76.207 anak dengan persentase 52,28 persen.

Hal itu diungkapkan Plt Sekretaris Dinkes Pekanbaru, Fira Septiyanti kepada wartawan Haluan, "Data Capaian Kota Pekanbaru per tanggal 5 Agustus 2024  sebanyak 76.207 sasaran sudah diimunisasi sekitar  52,28 persen," ungkapnya.

Berdasarkan usia, data anak yang diterima Haluanriau untuk usia 7 tahun sasaran 20.316 anak dengan persentase 100,5 persen, usia 5-<7 tahun sebanyak 15.885 anak, dan usia 0-59 bulan sebanyak 40.006 anak.

Dinkes Pekanbaru sudah melakukan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya polio, yaitu melindungi anak dari virus polio yang menyebabkan kecacatan seumur hidup.

"PIN polio itu untuk melindungi anak anak dari virus polio yang dapat mengakibatkan kecacatan seumur hidup bahkan kematian," sebutnya.

Selain itu Dinkes Pekanbaru melakukan upaya sweeping door to door untuk memaksimalkan pencapaian vaksin polio.

"Sweeping door to door kita lakukan," singkatnya.

Dinkes Pekanbaru juga ternyata punya cara unik yakninya melaksanakan sosialisasi di kegiatan ceramah keagamaan dan melalui platform media sosial.

"Edukasi dilakukan dengan cara sosialisasi di dalam kegiatan pertemuan, ceramah keagamaan, platform media sosial sebagai media informasi baik elektronik maupun non elektronik," ungkapnya.

Terakhir Dinkes Pekanbaru juga membuka POS PIN Statjs dan Mobile, "Membuka POS PIN statjs dan mobile," kata Fira tutupnya(hr)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama