Anggota DPR dan DPD RI Dilantik Hari Ini, LAMR Berpesan Untuk Para Anggota Dapil Riau

Anggota DPR dan DPD RI Dilantik Hari Ini, LAMR Berpesan Untuk Para Anggota Dapil Riau
Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Datuk Setia Taufik Ikram Jamil



PEKANBARU,lintasmelayu.com - Para anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Daerah (DPR/DPD) Republik Indonesia dilantik hari ini, Selasa (1/10/2024). Dari ratusan anggota DPR dan DPD RI yang dilantik tersebut, 17 di antaranya berasal dari provinsi Riau.

Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Datuk Setia Taufik Ikram Jamil mengatakan, pihaknya berharap para anggota DPR dan DPD RI asal Riau yang dilantik dapat memperjuangkan kepentingan yang berkaitan dengan daerah dan pelestarian budaya.

Seperti dalam hal perjuangan aspirasi daerah, LAMR berharap para anggota DPR RI yang terpilih dapat memperjuangkan kepentingan masyarakat Riau, terutama terkait dengan alokasi anggaran yang dapat meningkatkan pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan ekonomi di daerah.

“Dalam hal penguatan Identitas Budaya Melayu, LAMR  juga mengharapkan anggota DPR RI asal Riau mendukung pelestarian dan pengembangan budaya Melayu, termasuk bahasa, adat istiadat, dan warisan budaya lainnya, baik di tingkat lokal maupun nasional,” katanya.

Untuk bidang lingkungan, pihaknya juga berharap Riau sebagai wilayah yang kaya akan sumber daya alam, wakil rakyat bisa mengupayakan kebijakan yang mendukung pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan, terutama terkait dengan masalah kebakaran hutan dan lahan.

“LAMR juga berharap agar anggota DPR RI bisa menjadi jembatan dalam menyelesaikan konflik agraria yang sering terjadi di wilayah Riau, dengan mengedepankan solusi yang adil bagi masyarakat adat dan para petani,” sebutnya.

Untuk kesejahteraan sosial, pihaknya berharap agar wakil rakyat dapat fokus pada peningkatan kesejahteraan sosial masyarakat Riau, terutama dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat adat dan perdesaan. 

“Kemudian, dengan pelantikan ini, LAMR tentu berharap wakil-wakil yang duduk di kursi DPR RI bisa menjadi corong yang efektif untuk menyampaikan dan memperjuangkan kepentingan dan hak-hak masyarakat serta budaya Riau,” harapnya. 

Senada dengan Taufik, Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAMR Datuk Seri Raja Marjohan Yusuf juga menyampaikan ucapan tahniah, dan ikut bangga atas Pelantikan sebagai anggota DPR RI masa bakti 2024 - 2029.

“Semoga amanah, dan nijak dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat mewujudkan tujuan Nasional, dan khususnya bagi Anggota DPR RI utusan Riau dapat mengangkat Riau lebih maju kedepan, IsyaaAllah,” harapnya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama